Tanggap Bencana, KKN PLP UNRAM Melakukan Sosialisasi Kepada Masyarakat Desa Sedau

  • Admin Desa Sedau
  • Jan 20, 2022

Tanggap Bencana, KKN PLP UNRAM Melakukan Sosialisasi Kepada Masyarakat Desa Sedau

 

           Bencana dapat terjadi kapan dan dimana saja. Sebagai bentuk pengabdian ke masyarakat mahasiswa KKN PLP Unram bekerjasama dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) melakukan sosialisasi Desa Tanggap Bencana di Aula Kantor Desa Sedau, Sabtu (18/12/2021).

Kegiatan Sosialisasi ini didampingi oleh Sekretaris Desa Sedau Fajri Hamdi, S.Sy. Dalam sambutannya, Bapak Fajri Hamdi menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut, dan tak lupa mengingatkan kepada masyarakat yang ikut agar tetap memperhatikan narasumber.

Sebagai pendahuluan Bapak Mustakim, ST., MT selaku Analisis Kebencanaan BPBD Provinsi NTB menjelaskan bahwa bencana dapat terjadi secara tiba-tiba dan tentunya merugikan masyarakat. Sehingga dalam hal ini perlu adanya edukasi untuk keluarga terhadap bencana.

“Desa yang dikatakan tanggap bencana atau Desa Tangguh Bencana adalah desa yang mandiri atas kebencanaan atau sebelum terjadi bencana seluruh masyarakat mengenali potensi bencana tersebut. Dengan bersama-sama membuat pemetaan daerah bencana” Ujar Mustakim.

Masyarakat desa terlihat sangat antusias sehingga membuat sosialisasi berjalan dengan lancar hingga pukul 13.00 WITA dan dilanjutkan diskusi ringan antara para kepala dusun dengan Bapak Mustakim, ST., MT.